Pertanyaan yang sering di tanyakan tentang Tzu Chi School

1.Tanya: “ Kenapa Tzu Chi School harus mempraktekkan Vegetarianisme di sekolah?”

Jawab :

” Ilmuwan-ilmuwan di dunia mengharapkan lifestyle yang sederhana untuk mengurangi pemanasan Global (global warming) dan juga berharap setiap orang untuk bervegetarian karena dengan bervegetarian tidak hanya sehat namun juga merupakan salah satu cara untuk menyelamatkan bumi dengan mengurangi emisi gas rumah kaca yang berasal dari peternakan.

Setiap orang harus berusaha menghargai kehidupan makhluk lain , dengan cara ini kita bisa hidup dalam keseimbangan antara langit dan bumi.

Banyak orang khawatir bahwa dengan bervegetarian akan kekurangan vitamin dan mineral. Faktanya Non-Vegetarian juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin dan mineral.

Dengan bervegetarian vitamin dan mineral akan dengan mudah ditambah, konsumsi daging akan menghasilkan racun dan susah untuk dikeluarkan dari tubuh.”

2. Tanya: “Apakah mungkin anak-anak kami menjadi terlalu baik apabila mereka bergabung dengan Tzu Chi School? Dunia ini adalah dunia yang kejam. Kami tak ingin anak-anak kami menjadi terlalu baik dan mudah ditipu orang karena mereka terlalu rendah hati, penuh cinta kasih dan sabar.”

Jawab:

“Ini adalah kasih orang tua terhadap anak, mengharapkan anak menjadi baik hati, namun tetap bisa melindungi diri sendiri, sebenarnya pendidikan di sekolah dan keluarga sama sama penting dan harus saling kerja sama, kemudian diterapkan di kehidupan sehari hari. Sekolah mengajarkan budi pekerti kepada siswa agar siswa bisa menghormati, bersyukur dan belajar memberi, tapi juga mengajarkan kemampuan untuk membedakan antara benar dan salah, baik ataupun buruk, tidak hanya pintar tapi juga bijaksana.

Jika setiap sekolah mendidik anak anak dengan benar,masyarakat akan damai sejahtera, semakin banyak orang baik dan percaya bahwa semua orang tidak perlu khawatir akan ada orang jahat.”

3. Tanya : “ Kenapa biaya di Tzu Chi School tinggi sekali? Bukankah Tzu Chi adalah sebuah yayasan sosial kemanusiaan? Seharusnya Tzu Chi membantu masyarakat mendapatkan pendidikan yang baik.”

Jawab:

“Untuk hal ini kami telah melakukan riset lapangan dan perbandingan dengan sekolah sekolah lain. Kami percaya bahwa orang tua siswa dapat memahami bahwa untuk menyediakan fasilitas pendidikan yang baik dan mendapatkan tenaga pendidikan yang berkualitas dari dalam dan luar negeri, maka butuh biaya yang besar.

Sebenarnya misi pendidikan Tzu Chi bukan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan, tetapi semata mata hanya untuk mempertahankan kualitas yang baik, sehingga pendidikan bisa berjalan dengan baik dan lancar hingga pada akhirnya anak anak tidak perlu lagi sekolah ke luar negeri. Dengan begitu hubungan keluarga dan kepentingan pendidikan dapat berjalan beriring dan mendapatkan hasil yang sempurna.

Dengan konsep pendidikan Tzu Chi, kualitas pendidikan dan fasilitas yang baik, kami yakin akan mencapai hasil yang terbaik, kami percaya di masa yang akan datang orang tua dapat memahaminya. Sekali lagi kami garisbawahi bahwa sekolah tidak bertujuan untuk mencari keuntungan, sekolah juga bukan sekolah elite, tapi sekolah bertaraf internasional.”

4. Tanya.: “Apakah di Tzu Chi School semua murid harus beragama Buddha ? ”
Jawab.:

“ Tidak, Tzu Chi School menghormati semua agama. Pelajaran agama akan mulai  diberikan di Primary 1.            Semua murid akan masuk ke kelas agama mereka masing – masing pada saat pelajaran agama berlangsung. Tzu Chi menyediakan guru-guru  agama yang sesuai dengan agama masing-masing.”

5. Tanya : “Apakah Tzu Chi School menyediakan diskon untuk keluarga tidak mampu?”
Jawab :

“Yayasan Buddha Tzu Chi memiliki dua sekolah di Jakarta, dalam hal pendidikan tidak ada perbedaan, “Sekolah Cinta Kasih Cengkareng” menerapkan 3 bahasa, semuanya itu sesuai dengan ketentuan pemerintah, mendidik siswa siswa Indonesia  dengan fasilitas yang memadai, lingkungan sekolah dan Guru guru yang berkualitas, biaya sekolah yang sangat rendah dan disubsidi oleh Yayasan dan penyediaan beasiswa pendidikan. Sekolah juga telah terakreditasi A mulai dari TK sampai dengan SMA.

Selain itu Yayasan Buddha Tzu Chi  juga mendapatkan penghargaan “Anugerah Peduli Pendidikan 2010” dari Kementrian Pendidikan Nasional

Tzu Chi School searah dengan Pendidikan Internasional di mana juga menerapkan 3 bahasa (trilingual), namun semuanya dengan standar pendidikan internasional. Tahun 2011 Tzu Chi School memulai penerimaan siswa dari tingkat TK sampai dengan SD Kelas 3, pada pembukaan awal Tzu Chi School tidak menyediakan beasiswa, namun di tahun tahun yang akan datang, Tzu Chi School akan mempertimbangkan permohonan beasiswa dari siswa siswa yang berprestasi.”

6. Tanya.: “ Apakah Tzu Chi School merupakan sekolah internasional?”

Jawab :

“ Bukan, Tzu Chi School bukan merupakan sekolah internasional, tetapi berstandar internasional. Artinya Tzu Chi School masih mengikuti sebagian dari pelajaran kurikulum nasional, tetapi sudah menerapkan kurikulum berstandar internasional dan  menggunakan bahasa pengantar dan guru-guru asing.”

7. Tanya. : “ Kenapa Tzu Chi School masih mengikuti sebagian dari pelajaran kurikulum nasional, padahal sudah berstandar internasional?”

Jawab.:

“ Ini sesuai dengan peraturan terbaru dari kementrian pendidikan nasional bahwa sekolah-sekolah yang masih menerima murid Indonesia, masih harus mengikuti  sebagian dari pelajaran kurikulum nasional.”

8. Tanya : “ Apakah Tzu Chi School menggunakan guru-guru asing?”
Jawab:

Ya, Tzu Chi School menggunakan guru-guru asing.

English based            = >  Guru-guru dari Phillipines dan Negara lain

Mandarin Language =>  Guru – guru dari Beijing

Budi Pekerti               =>   Guru-guru dari Taiwan